Rabu, 12 Oktober 2011

E-Bussiness dan E-Commerce

E-Bussiness dan E-Commerce
E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. E-Commerce adalah bagian dari e-business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama berupa pembelian dan penjualan.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
e-bussiness
kelebihan
1. e-business memerlukan biaya yang lebih murah dari pada bisnis tradisional
2. jangkauan pemasarannya sangat luas
3. dapat menjaga kepercayaan pelanggan dengan mudah karena dapat berkomunikasi secara instan
kekurangan
1. keabsahan data karena data pada internet dapat dirubah dengan mudah
2. butuh kestabilan jaringan yang baik
3. butuh keamanan yang lebih dalam bertransaksi
e-commerce
kelebihan
1. Dapat membeli atau menjual barang dengan jangkauan yang luas
2. Tidak perlu repot mencari tempat berjualan
3. Hanya memerlukan biaya yang sedikit bahkan gratis dalam berjualan
4. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
5. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
6. Menurunkan biaya operasional(operating cost).
7. Melebarkan jangkauan (global reach).
8. Meningkatkan customer loyality.
9. Meningkatkan supplier management.
10. Memperpendek waktu produksi.
11. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
kekurangan
1. Rawan terjadi penipuan
2. Tidak dapat mencoba atau mengecek produk yang akan di jual
3. Informasi tentang produk bisa jadi kurang detil
4. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
5. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
6. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
7. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
8. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
9. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
Contoh e-commerce
Amboi.com
Kelebihan :
• Lebih flexibility, dengan layanan ini dapat mensinkronisasi tawar menawar anatara penawar dan pelanggan bukan hanya untuk waktu itu saja tetapi dapat mengetahui proses beberapa waktu yang lalu.
• Memberikan garansi resmi kepada customer dalam pengiriman.
Kekurangan :
• Customer tidak dapat mengetahui kekurangan barang seperti cacat tidaknya karena penjual terkadang tidak mendeskripsikan barang dengan lengkap.
• Dapat terjadi penipuan karena proses pembayaran dan pengiriman barang yang cenderung tidak dilakukan secara bersama. Sehingga memungkinkan penjual telah mengirim barang, namun barang tersebut tidak sampai ke pembeli di waktu yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar