Rabu, 26 Oktober 2011

DAMPAK DARI GEMPA BALI dan RESHUFFLE KABINET 2011 untuk PERKEMBANGAN BISNIS di INDONESIA

Ditulis oleh : Reisha Ranty

Dampak GEMPA BUMI di Nusa Dua, Bali

Bali diguncang gempa, Kamis 13 Oktober 2011, kemarin. Tak tanggung-tanggung, Pulau Dewata itu diguncang dua kali gempa cukup besar.

Pertama, gempa sebesar 6,8 Skala Richter pada pukul 11.16 WITA. Beberapa jam kemudian, pukul 15.52 WITA destinasi pariwisata internasional itu kembali diguncang gempa dengan kekuatan yang lebih lemah, 5,6 Skala Richter. Berikut dampak – dampak yang diakibatkan gempa tersebut untuk dunia bisnis Indonesia ;

- Dampak gempa untuk bisnis penyewaan mobil

Bencana gempa yang melanda Bali Kamis kemarin belum membawa dampak berarti dalam bisnis penyewaan mobil. “Semua transaksi masih berjalan normal, belum terlihat penurunan atau pembatalan secara tiba-tiba yang dilakukan pelangan kami,” kata Nyoman Seniweca, pemilik Wirasana Rent a Car, saat dihubungi VIVAnews.com dari Jakarta, Jumat 14 Oktober 2011

Nyoman menjelaskan, secara keseluruhan dampak gempa baru akan terasa setelah tiga hari atau seminggu setelah gempa. “Hingga saat ini saya belum menerima laporan pembatalan dari pelanggan," katanya.

Menurut dia, sewa mobil akan berkurang jika wisatawan asing mulai meninggalkan Bali. "Tapi ini sementara," katanya.

Wirasana menyediakan berbagai mobil mulai dari Suzuki Karimun hingga Toyota Alphard. Harganya pun bervariasi dari Rp200 ribu hingga Rp2 juta per 12 jam. Jasa rental yang beralamat di Jalan Gusti Ngurah Rai Denpasar ini juga menyewakan bus berbagai ukuran. "Penyewanya sebagian besar wisatawan," katanya.

- Dampak gempa untuk perhotelan dan restoran

Meski gempa terjadi dua kali, tak ada eksodus besar-besaran dari para wisatawan mancanegara yang banyak mengunjungi pulau yang terkenal seantero dunia itu.
"Kita tahu wisatawan asal Eropa dan Austalia tak pernah merasakan gempa semacam itu. Namun mereka tetap bertahan dan melanjutkan liburannya di Bali," kata Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Ngurah Wijaya. Pascagempa yang mengguncang, kata Ngurah, juga tak ada pembatalan kunjungan ke Bali oleh para wisatawan. Semua wisatawan yang telah memesan kamar hotel di Bali tetap akan berkunjung "Kunjungan wisatawan masih normal. Kita tidak dapat laporan ada wisatawan yang membatalkan kunjungan," katanya.

Dia mengaku belum mendapat laporan resmi dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tentang kerusakan hotel akibat gempa dan statistik kunjungan wisatawan. Namun ia optimistis bencana kemarin tak mempengaruhi industri pariwisata Bali.

"Kita semua terkejut dengan gempa kemarin. Tapi itu tak mempengaruhi industri pariwisata kita. Meski ada beberapa hotel yang rusak, tapi hanya ringan saja," papar Ngurah. Ngurah mengaku tak akan melakukan kampanye besar-besaran untuk menarik wisatawan pascagempa. Menurutnya, media massa sudah memberikan fungsinya dengan baik mengenai gempa di Bali kemarin.

"Media sudah memberitakan jika gempa di Bali tak menimbulkan kerusakan berarti. Bagi kami, itu sudah cukup untuk memberikan informasi kepada wisatawan, bahwa Bali tetap aman untuk dikunjungi," tuturnya

- Dampak gempa untuk pariwisata

Gempa berkekuatan 6,8 skala richter yang mengguncang Bali pada Kamis (13/10) siang tidak menganggu aktivitas pariwisata Pulau Dewata tersebut. Apalagi gempa berkekuatan besar itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami, seperti ditegaskan oleh Kepala Bidang Pusat Gempa Bumi BMKG, Suhardjono dan meminta masyarakat tidak perlu panik, karena hasil pantauan gempa masih taraf normal. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, I Gusti Ngurah Putra, Jumat, (14/10). Berdasarkan hasil monitoring ke berbagai sumber di wilayah Bali, kegiatan di kawasan wisata Bali sudah berjalan normal.

- Dampak gempa untuk penerbangan

”Gempa juga tidak mengakibatkan penundaan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh General Manager PT. Angkasa Pura I Ngurah Rai Purwanto. Tidak ada penundaan yang berarti. Hanya saja sempat ditunda beberapa menit, karena petugas bandara harus mengumpulkan kembali calon penumpang yang berhamburan karena panik," katanya kepada SP ketika dihubungi Jumat (14/10) pagi.

Ia menjelaskan, meski sempat terjadi kepanikan calon penumpang dan petugas bandara, situasi di area bandara berjalan normal. Ia menjelaskan, akibat gempa tersebut sejumlah fasilitas Bandara Ngurah Rai juga mengalami kerusakan kecil di 40 titik. Begitu juga dengan beberapa hotel-hotel di Bali, para wisatawan tetap tinggal dan tidak terganggu.

Jadwal penerbangan Garuda Indonesia untuk tujuan Denpasar terpantau tidak terpengaruh akibat gempa yang terjadi pada pukul 10.16 pagi WIT. Penerbangan GA 406 yang dijadwalkan pukul 11.40 pagi dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta tidak mengalami perubahan jadwal.

Begitu juga dengan penerbangan Garuda Indonesia lainnya dari siang hingga malam hari, tetap berlangsung sesuai jadwal. Penerbangan GA 410 dan GA 408 yang dijadwalkan terbang pukul 15.40 dan 16.00 juga tidak mengalami perubahan.

"Jadwal penerbangan hari ini, 13 Oktober 2011 dari pagi hari hingga malam nanti belum ada perubahan jadwal," demikian keterangan layanan pelanggan Garuda Indonesia, Kamis (13/10). pusat gempa sebesar 6,8 skala Richter itu terpantau di 143 kilometer Barat Daya Nusa Dua, Bali dengan kedalaman 10 kilometer.

Hingga saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan belum ada korban jiwa dari akibat gempa. Namun di Bandara Ngurah Rai, Bali, plafon dan dinding keramik dilaporkan berjatuhan meski gempa tidak berpengaruh pada landasan pesawat.
Namun ada beberapa calon penumpang juga mengalami sedikit luka-luka akibat terpeleset jatuh karena panik saat gempa tersebut terjadi.

Dampak Reshuffle Kabinet oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Dunia usaha tidak terganggu atas gonjang ganjing yang terjadi dalam reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Dampak yang terjadi bagi para pengusaha dan pebisnis masih minimal.

"Saya ingin menjelaskan gonjang ganjing politik belakangan ini tidak terlalu besar dampaknya bagi pengusaha. Belajar dari krisis tahun 2008 maka dampak itu makin terminimalkan, ada krisis finansial dan Eropa, kegaduhan tinggi di parlemen, terkait ancaman parpol tidak mengganggu dunia usaha," ujar Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), Ismed Hasan Putro dalam acara diskusi Sindo Radio di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (22/10/2011).

Menurut Ismed, gangguan dunia usaha baru hadir ketika lahir regulasi yang seringkali menganggu kestabilan and ikut kemapanan dunia usaha untuk melakukan ekspansi bisnisnya.

"Kedua soal bunga perbankan, soal klasik, menyangkut infrastruktur, political will terkait energi kita, mengapa jika saja pemerintah mau membela kepentingan industri nasional kalau politik negara industri keramik kita tidak perlu tertatih-tatih," pungkasnya.

Masih ditetapkannya Menpora Andi Mallarangeng dan Menakertrans Muhaimin Iskandar di jajaran Kabinet memberikan sinyal buruk bagi kelanggengan Presiden SBY. Pasalnya, di kedua kementerian itu tengah bermasalah dan disinyalir melibatkan menterinya.

"SBY melakukan reshuffle yang aneh. Sebab reshuffle tidak mencopot menteri yang di Kementeriannya terjadi aksi korupsi," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta Satti Pane, Rabu (19/10/2011).

Selain itu, reshuffle kabinet yang dilakukan SBY banyak melahirkan Wakil Menteri baru yang akan membuat kementerian tidak efisien dan tidak efektif. Konflik antara menteri dan wakilnya bukan mustahil akan terjadi. "Saya tidak yakin komposisi KIB jilid 2 episode 2 ini akan lebih baik dari komposisi sebelumnya, karena ketidakefisiennya," ujarnya.

Pane memastikan, kesalahan SBY melakukan reshuffle kabinet akan membuat SBY makin mudah dilengserkan. "Bukan mustahil salah kocok dalam KIB jilid 2 episode 2 ini akan menjatuhkan pemerintahan SBY ke depan." (IS)

- Dampak Reshuffle untuk IHSG

Pada perdagangan Jumat (14/10), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ^JKSE) ditutup melemah 10,704 poin (0,30%) ke level 3.664,680, dengan intraday terendah di 3.658,93 dan tertinggi di 3.688,14. Demikian pula indeks saham unggulan LQ45 ^JKLQ45 yang turun 2,362 poin (0,37%) ke level 649,690.

Kepala Riset Valbury Asia Securities Alfiansyah mengatakan, dalam sepekan ke depan, potensi penguatan indeks salah satunya dipicu oleh sentimen positif dari rilis kinerja keuangan emiten kuartal III-2011 yang deadline-nya akhir Oktober 2011. Karena itu, menurutnya, jelang pekan terakhir bulan ini, banyak emiten yang merilis kinerjanya.

Kondisi itu, akan menjadi sentimen positif dan dorongan bagi pergerakan indeks. Sebab, pelaku pasar akan melakukan selective buying pada saham-saham yang basis fundamentalnya diperkirakan akan tumbuh pada kuartal III-2011. “Dalam sepekan ke depan, IHSG memiliki support di level 3.574 dan resistance 3.775,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Hanya saja, lanjut Alfiansyah, indeks tidak bisa lepas dari masalah reshuffle kabinet yang sedang digulirkan oleh Presiden Susilo Bambang (SBY) belakangan ini. Rumornya, 12 menteri mengalami pergantian dan 3 menteri dirotasi. Sementara itu presiden juga menambah beberap pos wakil menteri. “Karena itu, pasar harus mencermati reshuffle kabinet,” tandas Alfiansyah.

Tapi, Alfian memberikan catatan, selama reshuffle tidak mengganggu tim ekonomi Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, tidak akan berpengaruh besar ke market. Sebab, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih sesuai dengan ekspektasi pasar.

Hingga akhir tahun, lanjutnya, Bank Indonesia berkekspektasi, Produk Domestik Bruto (PDB) RI mencapai 6,5%. “Tapi, jika terjadi perubahan pada tim kementerian ekonomi, sedikit banyak akan berpengaruh negatif di market,” papar Alfiansyah.

Jika ini yang terjadi, lanjutnya, pasar akan melihat apakah pengganti menteri tim ekonomi memiliki catatan kinerja yang baik selama karirnya. “Jadi, apakah sosok itu diterima pasar atau tidak, juga akan berpengaruh pada pergerakan IHSG,” tuturnya.

Dia menambahkan, jika presiden belum mengumumkan reshuffle pekan ini, akan memicu ketidakpastian di market. “Sebab, kabar penggantian kementerian tim ekonomi akan jadi spekulasi negatif di market. Tergantung siapa penggantinya atau siapa yang muncul dalam rumor di pasar,” ucap Alfiansyah.

Selain faktor reshuffle, lanjutnya, faktor eksternal juga masih jadi penentu pergerakanI indeks baik dari AS maupun dari Eropa. Menurutnya, pasar masih ingin memastikan, bailout untuk Yunani dari negara-negara anggota Uni Eropa sehingga Yunani bisa terhindar dari default (gagal bayar).

Di sisi lain, pasar juga terpengaruh negatif oleh lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings yang pekan lalu menurunkan peringkat empat bank Belgia. Begitu juga dengan lembaga pemeringkat Standard & Poor's Rating Service yang memangkas peringkat Spanyol satu noth dari "AA" menjadi "AA-" dengan outlook negatif.

Tapi, Alfiansyah menegaskan, jika pelaku pasar lebih konsentrasi pada fundamental dan publikasi laporan keuangan emiten Kuartal III-2011, akan menjadi penyeimbang semua sentiment negatif baik dari eksternal maupun dari internal. “Terutama, bagi pelaku pasar yang berharap dividen,” ungkap dia.

Karena itu, menurut Alfiansyah, seharusnya pengaruh positif ini yang lebih dominan di market. Sebab, membaiknya laporan keuangan emiten, otomatis akan memberikan imbal hasil yang lebih baik dalam bentuk dividen bagi pelaku pasar. “Apalagi, bursa AS juga sedang merilis kinerja keuangannya untuk periode yang sama sehingga bisa jadi faktor eksternal positif,” jelas Alfiansyah.

Adapun sektor saham yang bakal jadi penggerak utama indeks pekan ini adalah perbankan. Sebab, saham-saham di sektor ini secara historis selalu merilis kinerja paling awal dibandingkan emiten sektor lain. Penguatan sektor ini akan diikuti sektor-sektor lainnya seperti pertambangan, perkebunan dan manufaktur di grup Asrtra.

Saham-saham pilihannya adalah PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI.JK) dengan target Rp7.100 dalam sepekan ke depan; PT Bank Mandiri (BMRI.JK) Rp7.000; PT Bank Negara Indoensia (BBNI.JK) Rp3.875; dan PT Bank Jabar Banten (BJBR.JK) Rp1.000;

Lalu, PT Adaro Energy (ADRO.JK) Rp2.000; PT Bukit Asam (PTBA.JK) Rp17.800; PT Harum Energy (HRUM.JK) Rp8.300; PT London Sumatera Plantation (LSIP.JK) Rp2.150; PT Sampoerna Agro (SGRO.JK) Rp3.000; PT Astra Internasional (ASII.JK) Rp68.900; dan PT United Tractor (UNTR.JK) dengan target Rp23.000.

“Saya rekomendasikan trading buy saham-saham tersebut. Jika naik 5% dari harga akhir pekan lalu, bisa langsung jual,” imbuhnya.

Sumber tulisan :
http://www.tribunnews.com/2011/10/13/gempa-di-bali-tak-berimbas-pada-jadwal-penerbangan-lion-air
http://www.republika.co.id/berita/regional/nusantara/11/10/13/lszmr0-jadwal-penerbangan-garuda-ke-bali-tidak-terpengaruh-gempa
http://www.suarapembaruan.com/home/aktivitas-pariwisata-bali-normal/12410
http://nasional.vivanews.com/news/read/255556-bali-gempa--wisatawan-tetap-lanjutkan-liburan
http://finance.detik.com/read/2011/10/13/145833/1743415/4/gempa-bali-belum-berimbas-pada-bisnis-hotel
http://bisnis.vivanews.com/news/read/255467-gempa-bali--bisnis-sewa-mobil-masih-lancar
http://www.tribunnews.com/2011/10/22/dunia-bisnis-tidak-terganggu-gaduh-reshuffle-kabinet
http://www.gatra.com/nasional-cp/1-nasional/3682-awas-dampak-reshuffle-kabinet
http://id.berita.yahoo.com/reshuffle-berpengaruh-negatif-bagi-ihsg-020000361.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar