Sabtu, 20 November 2010

Tugas merangkum (GrafKom)

THE FUNDAMENTALS OF GRAPHIC

Bab 1

Desain Grafis Sebagai Bidang Studi

Desain grafis memerlukan ide, konsep, teks, dan gambar. Menyajikannya secara visual melalui cetakan, elektronik dan media lainnya. Desain grafis membebankan pada kerapian dan struktur isi untuk memfasilitasi dan memudahkan proses komunikasi, selagi mengoptimasi kemungkinan bahwa pesan akan diterima dan dimengerti oleh peserta. Seorang desainer mencapai tujuan ini melalui manipulasi elemen yang disengaja, seperti desain filsafat, keindahan, sensor, emosional atau alam politik.

Apa itu desain grafis?

Desain grafis adalah bidang studi seni visual kreatif yang meliputi banyak area. Termasuk seni penyutradaraan, tipografi, page layout, teknologi informasi, dan aspek-aspek kreatif lainnya.

Apa itu desainer grafis?

Pada dasarnya seorang desainer mempunyai dua peran, yaitu puas dengan rangkuman desain dan mengeksekusi pekerjaan.

· Mengerjakan rangkuman

Seorang desainer membawa sense kerapian dan menyusunnya dengan memberikan langkah dan arti. Intinya adalah seorang desainer struktur yang kreatif dan membuat keputusan , menganggap pentingya untuk berkomunikasi dan cara terbaik untuk menyampaikan pesan.

· Mengeksekusi pekerjaan

Seorang desainer dapat bekerja dan memilih dari beberapa sumber pilihan untuk memikirkan desain final apakah bekerja dengan sudut pandang filsafat sebagai bentuk modernisasi atau bergantung kepada keindahan murni. Bagian yang paling berharga dari proses desain adalah keputusan akhir, melihat dan merasakan (kualitas keindahan)dari sebuah proyek.

Struktur Grup dan Metode Bekerja

Seorang desainer dapat melakukan berbagai peran di lingkungan berbeda dan struktur-struktur organisasi. Peran-peran itu meliputi aktivitas berbeda dan bekerja dengan host kreatif profesional. Setiap studio desain mempunyai gagasan khusus, mode, tujuan, pengaruh, dan budaya.

Local, Nasional, dan Internasional Grup Desain

Grup desain lokal dengan budaya lokal sebagai urat nadi memberikan servis fokus dengan tren zaman sekarang. Bagaimanapun sebuah lembaga bisa saja tidak dilengkapi dengan solusi internasional, bukan karena kekurangan talenta kreatif melainkan alasan struktur. Contohnya, seperti tidak mempunyai tolak ukur untuk mengatur sebuah proyek besar. Sebuah lembaga dengan pengalaman di banyak area georafis akan lebih cocok untuk tipe pekerjaan seperti ini.

Beberapa grup desain mempunyai kantor di beberapa negara untuk melayani klien internasional, tetapi harus tetap tinggal dan fokus pada tiap lokasinya. Contohnya, studio penelitian yang didirikan oleh Neville Brody dan FWA Richards pada tahun 1994, mempunyai kantor di London, Paris dan Berlin. Para desainer di setiap cabang mempunyai pengetahuan lokal yang dikombinasikan dengan sumber daya alam, pengetahuan, dan tenaga administrasi dari sebuah perusahaan internasional.

Mempunyai grup dengan desainer berpengalaman memberikan jaminan kepada klien perusahaan dari berbagai negara. Ironisnya klien dari berbagai negara tersebut meminta gaya baru solusi desain dan mengharuskan seorang individu yang tidak memihak dengan partai politik manapun atau studio desain yang lebih kecil untuk mereka.

Pemegang Akun dan Manajer Proyek

Pemegang akun harus berhubungan langsung dengan klien dan desainer. Pemegang akun menerima dan membantu untuk mendefinisikan kesimpulan desain, bertindak sebagai penghubung dengan klien, menginstruksikan tim desain, dan mempersembahkan desain kepada klien. Struktur ini membiarkan tim desain untuk fokus dan menanggapi kesimpulan desain selagi pemegang akun setuju dengan aspek administrasi proyek dan hubungan klien.

Manajer proyek bekerja dengan tim desain dan klien untuk memastikan kemajuan proyek pada budget. Biasanya seorang klien bicara dengan kepala desain tentang desain dan manajer proyek tentang biaya.

Grafik Desain Hari Ini

Desain grafis telah berkembang secara perlahan dan beradaptasi dengan cara bersatu dengan teknologi baru dalam berkomunikasi kepada penonton. Hal itu memunculkan beberapa pertanyaan : Dimana proses evolusi mewariskan desain grafis?, Apa peredaran dari desain grafis modern?, Apa yang dicari oleh desain grafis?

Teks dan Gambar

Teks dan gambar adalah sandaran utama dari desain grafis dan penyusunannya di atas kertas, layar, atau lingkungan. Adalah salah satu cara diamana orang dapat berkomunikasi di dunia modern. Elemen desain yang berbeda harus melengkapi satu sama lain untuk memperbesar komunikasi secara keseluruhan.

Bercerita

Para desainer adalah seorang tukang cerita yang mencoba untuk membuat sense dunia melalui penyusunan dan presentasi dari teks dan gambar. Pengembangan naratif adalah pokok persoalan yang disebutkan di semua bagian buku ini dan salah satu elemen yang sangat perlu.

Bab 2

Pengaruh dan Elemen-Elemen Kreatif

Desain grafis adalah subyek untuk berkmbang secara intelektual dan keindahan yang mempengaruhi kerja para desainer dan mencerminkan perilaku masyarakat pada umumnya.

Desain Grafis : Seni Atau Keahlian?

Desain grafis adalah sebuah proses multidisiplin yang menggambarkan banyak sumber kreatif. Beberapa pendapat menyatakan bahwa desain grafis adalah sebuah kepandaian

· Desain sebagai keahlian

Sebagai keahlian, desain merupakan bagian integral dari proses produksi cetak yang meliputi persiapan teks dan gambar, dan isi lain untuk publikasi.

· Desain sebagai seni

Sebagai sebuah seni, desain grafis menciptakan penemuan gambar dan tata letak untuk menyampaikan ide dan informasi untuk hadirin yang berbeda. Ilmu ini adalah bagian paling depan dari pemikiran kreatif, mengajukan teori bagaimana untuk berkomunikasi dengan efektif melalui media visual dengan menggunakan deretan luas alat intelektual untuk membangun hubungan penuh arti antara elemen desain yang berbeda.

Industrialisasi

Indutrialisasi pada abad ke-14, memahami mekanisasi dari indutri percetakan, yang mengandalakan kemampuan cetak yang lebih tinggi dan mutu produksi yag lebih bagus. Yang lebih penting, industrialisasi telah membawa perubahan daramatis kepada cetakan dan proses produksi sebagai tipe dan metode proses penataan huruf-huruf untuk mendukung mutu produksi yang lebih cepat.

Teknologi

Desain grafis, seperti banyak bidang ilmu lainnya berhubungan dengan teknologi pada level-level berbeda. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain diproduksi dan juga pengaruh perkembangannya dalam style, seni, dan masyarakat secara keseluruhan. Teknologi juga menawarkan para desainer sebuah variasi dari outlet media untuk proyek mereka.

Tipografi

Tipografi adalah elemen paling berpengaruh yang membangun atribut karakter dan mudah dicapai, dan bagaimana pembaca bereaksi terhadap tipografi.

Konsumerisasi

Kebutuhan untuk hasil yang bagus dalam kompetisi yang ketat antara pengusaha pabrik dengan produk. Dampak konsumerisasi dikarenakan pengemasan produk dan periklanan hanya memiliki kesempatan sempit untuk berhubungan dengan konsumen.

Identitas dan Merek

Orang cenderung menggunakan istilah identitas dan merek, tetapi kedua istilah tersebut mengacu pada konsep berbeda. Identitas adalah jumlah kualitas yang mempunyai kesamaan art dengan level sernis dari sebuah organisasi. Merek adalah sebuah proses dimana identitas diberi ekspresi visual.

Tanggung Jawab Sosial

Dalam industri desain ada sebuah tren untuk pandangan etika dalam hubungannya dengan pokok masalah global seperti gender , kemiskinan, dan pemanasan global. Organisasi-organisasi membantu perkembangan dan mempromosikan posisi etika mereka untuk memandu aktivitas mereka. Yang mana dapat menghasilkan sebuah konflik dengan etika pribadi.

Modernisasi dan Setelah Modernisasi

Modernisasi dan Setelah Modernisasi mengacu kepada dua pandangan berbeda mengenai dunia yang dikembangkan dan terarah aktivitas kreatif dalam pandangan berberda pada abad ke- 20. Orang yang berpandangan modern dan postmodernist berpikir bahwa masih ada kaitan dan pengaruh mereka yang dapat dilihat pada desain masa kini sebagai orang yang mencari untuk membuat sense dunia di sekitar mereka.

Nostalgia dan Kata-kata Yang Indah

Para desainer menggunakan metode bervariasi untuk menyampaikan maksud, mereka sering memilih bagian norma budaya, nilai, sejarah, dan bahasa.

Bab 3

Proses Desain Grafis

Proses desain grafis meliputi semua langkah penting untuk memproduksi selembar cetakan atau dari hasil kerja elektronik dari persetujuan kesimpulan klien untuk mensketsa ide konseptual untuk perkembangan desain dan penghubung meliputi proses produksi.

Bekerja dengan jumlah klien yang banyak dan agen, memerlukan banyak langkah daripada bekerja dengan organisasi yang sedikit. Setiap pekerjaan membutuhkan kombinasi berbeda dari kemampuan desain.

Kesimpulan

Kesimpulan merupakan garis besar dari apa yang klien inginkan dengan memerintah sebuah desain. Dilengkapi dengan peralatan kreatif, pengaruh pribadi, dan sumber material. Seorang desainer dapat menanggapi kesimpulan dan menghasilkan solusi kreatif. Bagaimanpun hal itu harus diperhatikan bahwa ada dua kesimpulan yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar